Blogger Widgets

March 28, 2013

Hasil Analisa Survey "Heyyo! Share Pendapatmu!"


Sebelumnya Saya sangat berterima kasih pada teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam Survey ini. Tanpa bantuan teman-teman tentu saja hasilnya tidak akan seperti ini. Pada tanggal 27 Maret lalu, Saya membuat form survey yang berisi tentang pendapat teman-teman di jurusan Teknologi Informasi seputar keterkaitan Psikologi dan TI. Alhamdulillah sejauh ini lumayan banyak teman-teman yang berpartisipasi dalam survey Saya ini yaitu 40 orang.

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan pada survey ini adalah:

1. Jelaskan psikologi dengan bahasa anda sendiri! *

2. Apakah psikologi di dunia IT dibutuhkan? *
·      Tidak
·      Ya 

3. Jelaskan alasan jawaban anda dari nomor 2! *

4. Apakah dengan mengepost materi belajar dan tugas-tugas di blog efektif dalam proses belajar dan mengajar? *
·      Ya
·      Tidak 

5. Jelaskan alasan jawaban anda dari nomor 4! *

6. Apakah setelah kuliah Psikologi di semester ini berakhir, apakah anda berkenan untuk terus mengepost di blog? *
·      Ya, saya berkenan.
·      Tidak, terima kasih. 

7. Bagaimana perasaan anda ketika diwajibkan untuk mengepost di blog? *
·      Senang sekali.
·      Biasa saja.
·      Terpaksa dan menderita.


ANALISA JAWABAN :

1. Agar mengetahui pemahaman teman-teman tentang makna psikologi itu sendiri Saya mengajukan pertanyaan tersebut. Sesuai dengan apa yang pernah diajarkan Bu Dina, teman-teman banyak menjawab, psikologi adalah Ilmu tentang perilaku manusia, pola tingkah laku masyarakat, fikiran dan perasaan.

2.     
Apa psikologi itu dibutuhkan dalam dunia IT? Rata-rata teman-teman menjawab Ya dan hanya 4 orang yang menjawab Tidak. Kalau disuruh memilih, Saya juga akan memilih Ya.


3.    Untuk jawaban Ya, teman-teman berpendapat bahwa antara psikologi dan TI itu harus diseimbangkan, karena pada akhirnya kami akan berhadapan langsung dan berinteraksi nantinya dengan klien, sehingga mudah bagi kami untuk mengetahui dan menanggapi kemauan, harapan, dan sikap si klien tersebut. Untuk jawaban Tidak, menurut teman-teman psikologi tidak hanya dibutuhkan dalam dunia IT, tapi juga jurusan lain karena ini menyangkut interaksi dengan orang lain.

4.     


Kebanyakan teman-teman menjawab Ya. Dengan mengepost materi dan tugas-tugas di blog dapat membantu proses belajar dan mengajar. 9 orang memilih Tidak.

5.    Teman-teman yang Kontra merasa dengan mengepost tugas-tugas dan materi di blog tidak efektif karena nantinya kita tidak akan mengerti dan hanya membaca saja. Teman-teman merasa belajar itu lebih baik secara langsung, tatap muka, mendengarkan agar lebih paham. Selain itu, tidak semua teman-teman memiliki kecepatan Internet yang sama. Sedangkan teman-teman yang Pro merasa hal ini dapat membantunya mengulang pelajaran kembali agar tidak lupa, juga dosen mudah memeriksa tugas tanpa perlu hard-copy.

6.     


Banyak teman-teman yang ingin terus memposting sesuatu di blog. Menurut Saya, karena hal seperti ini belum pernah kami dapatkan selama belajar di TI, maka dari itu banyak teman-teman yang merasa tertarik dan ingin terus menggunakan blog.


7.     



Partisipan banyak memilih pilihan ‘Biasa saja’ dalam hal kewajiban memposting di blog. Karena merasa hal itu memang ketentuan yang diberikan Bu Dina. Mau tidak mau untuk mendapatkan nilai yang baik teman-teman harus memberikan waktu luangnya untuk mengepost di blog.



TESTIMONI :

Ternyata dengan membuat survey, Saya jadi tahu apa yang dipikirkan, diinginkan dan dirasakan teman-teman secara tulus. Baik mengenai materi psikologi dan hubungannya dengan TI maupun seputar tuntutan posting di blog. Teman-teman ingin hal yang praktis dan mudah bukan hal yang bertele-tele. Pandangan teman-teman terhadap sesuatu pun berbeda-beda, juga tanggapan mereka. Hal ini membuat Saya berpikir karakter tiap-tiap orang itu memang berbeda.

No comments:

Post a Comment