Blogger Widgets

April 19, 2013

Kebutuhan Manusia akan Teknologi Informasi di Zaman Modern


Karya Tulis Ilmiah
Kebutuhan Manusia akan Teknologi Informasi
di Zaman Modern






Oleh :

Ossie Zarina Prayitno
[111402078]




PROGRAM STUDI S-1 TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2013


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan saya kesehatan dan kekuatan dalam proses dan penyelesaian karya tulis ilmiah ini, sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Kebutuhan Manusia akan Teknologi Informasi di Zaman Modern” ini dengan tepat waktu.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah “Pengantar Psikologi Umum” Ibu Filia Dina Anggaraeni yang telah membagikan ilmunya selama ini dengan kami sehingga saya mampu menulis karya ilmiah ini berbekalkan ilmu dari beliau. Juga saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah yang bertemakan “Interaksi Manusia dengan Teknologi” ini. 

Saya berharap karya tulis ilmiah ini akan menambah pengetahuan dan menjadi bahan referensi yang bermanfaat nantinya bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang “Kebutuhan Manusia akan Teknologi Informasi di Zaman Modern”.

Saya menyadari bahwa karya tulis ilmiah yang berjudul “Kebutuhan Manusia akan Teknologi Informasi di Zaman Modern” ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua sehingga menjadi bahan pembelajaran guna menyempurnakan karya tulis ilmiah ini di masa yang akan datang.


Medan, April 2013
                                                                                                                                      Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I : Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan Penulisan
1.4  Manfaat Penulisan

BAB II : Landasan Teori
2.1 Teknologi Informasi
2.2 Manusia dan Teknologi

BAB III : Pembahasan
3.1 Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Sosial
3.2 Teknologi Canggih dan Status Sosial
3.3 Teknologi Mempermudah Kehidupan Sosial

BAB IV : Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

Daftar Pustaka




BAB I

PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG
       
      Kemajuan teknologi sekarang ini sudah lebih pesat dari sebelumnya. Teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat sehingga bisa mempengaruhi kehidupan sosial. Semakin canggih teknologi semakin banyak pula kejanggalan-kejanggalan yang timbul di akibatkan oleh hal ini. Seperti contohnya fasilitas internet yang bisa dibilang hal wajib saat ini membuatnya mendapat tempat sebagai pusat informasi dan menjadi wadah trend pergaulan masyarakat kota besar di zaman modern ini, bukan lagi buku, koran, dll.
       Hal tersebut dikarenakan kebutuhan manusia terhadap sesuatu yang praktis dan cepat sehingga vendor-vendor ternama terus berlomba-lomba menciptakan berbagai perangkat-perangkat (gadget) canggih demi meraih peringkat nomor satu di pangsa pasar global. Ditambah lagi negara-negara maju sangat bergantung pada teknologi yang terus berkembang ini, seperti Jepang, Cina, Amerika, dsb.
     Kemudian timbul suatu pertanyaan, apakah teknologi itu memang menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh tiap manusia? Apa yang membuat manusia itu butuh teknologi sehingga mereka merasa teknologi adalah bagian dari hidup mereka?. Meskipun tema karya tulis ilmiah ini menyangkut tentang hubungan manusia dengan teknologi, namun untuk menciptakan keselarasan kehidupan bermasyarakat diperlukan suatu usaha agar orang-orang yang sudah ‘terlanjur’ menggantungkan hidupnya pada teknologi menyadari betapa perlunya interaksi antar manusia itu dilakukan.

1.2    RUMUSAN MASALAH

  Ada beberapa poin yang harus dipertanyakan dalam hal ini, seperti:
a.   Apakah dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi sekarang ini berpengaruh pada kehidupan  sosial?
b.    Mengapa masyarakat khususnya kalangan menengah atas merasa harus tahu/memiliki teknologi canggih  demi untuk menaikkan status sosialnya?
c.   Bagaimana masyarakat bisa menerapkan pola pikir bahwa dengan memiliki teknologi canggih adalah solusi untuk mempermudah kehidupan bermasyarakatnya?

1.3    TUJUAN PENULISAN

  Dalam karya tulis ilmiah ini, saya ingin memberikan solusi bagi masyarakat yang sudah ‘terlanjur’ menggantungkan hidupnya dengan teknologi. Pastinya ada banyak cara agar manusia dapat mengurangi ketergantungannya dengan teknologi. Maka dari itu saya merasa perlu melakukan suatu analisa dan penelitian di lingkungan masyarakat agar mendapatkan hasil yang maksimal dan diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan bacaan bagi pembaca sekalian.

1.4    MANFAAT PENULISAN

  Adapun manfaat dari karya tulis ilmiah ini yaitu memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca tentang pentingnya pengaruh teknologi informasi terhadap kehidupan sosial manusia yang cenderung butuh teknologi.



BAB II

LANDASAN TEORI

2.1  TEKNOLOGI

  Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teknologi memiliki pengertian:
-  Metode ilmiah untuk tujuan praktis.
Ilmu pengetahuan terapan.
- Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Teknologi informasi secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Di tahun 1800-an teknologi informasi masih belum banyak berkembang namun para penemu terus menciptakan inovasi-inovasi baru yang akan merubah peradaban sehingga menjadi seperti sekarang ini. Adapun beberapa penemuan yang mampu menjadi tren abad modern adalah

a.)  Tahun 1837
    Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa Kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.

b.) Tahun 1877
     Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon pertama kali secara umum.

c.)  Tahun 1923
     Pada tahun ini Zvorkyn menciptakan TV tabung yang pertama.

d.) Tahun 1945
     Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean dengan hypertext.

e.)  Tahun 1972
    Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.

f.)  Tahun 1973-1990
     Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan.


2.2  MANUSIA DAN TEKNOLOGI
      
       Manusia dan teknologi di zaman modern ini memang tidak bisa terpisahkan sehingga kebutuhan manusia akan teknologi membuat teknologi-teknologi baru bermunculan. Teknologi adalah ciptaan manusia yang mana tujuan utama diciptakannya demi untuk memudahkan atau meringankan aktivitas manusia. Jika manusia salah dalam memanfaatkan teknologi  maka akan berdampak negatif dalam hasilnya, dan sebaliknya, jika manusia dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang berguna pula.
       Dalam hal sosial, sekarang ini manusia mencoba melakukan interaksi antar manusia melalui dunia maya, tanpa menganggap interaksi di dunia nyata berarti. Meski terkesan canggih dan mudah namun hal ini tidak bisa dianggap baik untuk kehidupan sosial manusia yang notabenenya membutuhkan suatu interaksi langsung yang mana berkaitan dengan kelima panca indra.



BAB III

PEMBAHASAN

      
3.1    PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

       Di zaman modern seperti sekarang ini, teknologi informasi bisa digolongkan sebagai kebutuhan primer. Seperti jejaring sosial yang sudah menjadi wadah masyarakat zaman modern untuk berkenalan, mencari teman baru, berhubungan dan berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Seiring berjalannya waktu bila hal ini terus berlanjut maka kehidupan sosial manusia di dunia nyata akan terganggu dan tidak seimbang. Begitu juga dalam kebutuhan pendidikan. Sekarang ini banyak ditemukan plagiarisme yang terjadi akibat pesatnya kemajuan teknologi khususnya internet sehingga banyak pihak yang dirugikan.

       Disamping semua itu, terdapat sisi-sisi positif dari majunya teknologi di zaman modern yang mampu memberikan nilai tambah. Teknologi mampu memberikan akses bagi manusia untuk berkarya dan berinovasi sehingga dapat menciptakan hal baru yang bermanfaat bagi orang lain. Teknologi mampu menyampaikan suatu informasi secara cepat dan tepat sasaran. Teknologi membuktikan bahwa manusia itu cerdas, kreatif, inovatif dalam eksperimen-eksperimen berbau sains, jelaslah tanpa perlu teknologi canggih sekalipun manusia mampu bertahan hidup dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
      
       Dengan memiliki teknologi canggih tidak berarti seseorang itu hebat atau berkelas. Belum tentu ia menggunakan teknologi tersebut untuk hal-hal positif. Banyak kejahatan yang bisa terjadi bahkan dengan teknologi yang tidak canggih sekalipun. Seperti penipuan yang sering terjadi melalui telepon atau pesan singkat.

3.2    TEKNOLOGI CANGGIH DAN STATUS SOSIAL

       Kebanyakan orang-orang yang memiliki teknologi canggih (baca: gadget) seperti smartphone, tablet, laptop adalah kalangan menengah keatas. Teknologi canggih dianggap sebagai gaya hidup dan trend setter karena teknologi canggih sudah termasuk barang mewah. Oleh karena itu dengan memiliki satu ataupun banyak teknologi canggih, kalangan ini merasa status sosialnya pun akan meningkat. Hal seperti ini masih terus berlanjut, bahkan sudah menjadi kebiasaan apabila teknologi baru terus bermunculan. Dengan cukupnya materi yang dimiliki oleh kalangan menengah keatas, mudah saja bagi mereka untuk mendapatkan teknologi yang mereka inginkan.

       Bukannya rasa ingin tahu atau ingin menambah ilmu, namun karena ingin ikut-ikutan dan tidak ingin dicap sebagai orang yang ketinggalan zaman yang membuat kalangan ini rela merogoh saku cukup dalam demi mempertahankan gengsi. Adapun hal ini membuktikan bahwa meski secanggih apapun teknologinya, bila digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan malah disia-siakan, tidak akan bermanfaat nantinya di waktu yang akan datang.


3.3    TEKNOLOGI MEMPERMUDAH KEHIDUPAN SOSIAL
     
     Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa manusia di zaman modern ini banyak bergantung pada teknologi sehingga berpengaruh pada kehidupan sosialnya. Dengan anggapan teknologi dapat mempermudah dan mempercepat langkah dalam beraktivitas membuat manusia menjadi malas untuk berinteraksi langsung dengan individu lain. Dalam hal ini internet bisa dijadikan sebagai contoh.

    Internet menyimpan banyak data dan informasi yang bermanfaat bagi manusia, semua hal yang ada di dunia ini bisa disajikan secara audio maupun visual di internet, akibatnya seseorang tidak perlu lagi merasa tidak percaya diri ataupun merasa terbelakang karena tidak tahu suatu informasi. Ia bisa saja langsung ‘bertanya’ pada internet. Hal ini membuat seorang individu merasa tidak butuh orang lain, sekedar bertanya ataupun basa-basi, karena semua yang diperlukannya dimiliki oleh internet. 
           

BAB IV

PENUTUP

4.1  KESIMPULAN

       Teknologi membuat segala aktivitas manusia menjadi mudah dan cepat. Tidak selamanya hal itu baik untuk kehidupan sosial manusia. Teknologi membuat hubungan antar individu tidak terjalin dengan seharusnya. Contohnya pasa jejaring sosial yang saat ini sudah semakin banyak bertebaran. Semuanya saling memberikan fasilitas yang terbaik bagi penggunanya. Dengan terus-terusan berinteraksi antar individu melalui jejaring sosial membuat hubungan sosial individu tersebut malas berinteraksi dengan individu lain.

       Di zaman modern ini manusia cenderung menggantungkan hidupnya pada teknologi sehingga membuat individu tersebut malas bekerja keras. Teknologi juga sebagai ajang menaikkan status sosial bagi kalangan sosialita, bukannya mencari manfaat dan kegunaan dari teknologi tersebut. Teknologi tidak selamanya berdampak positif. Contoh diatas tadi adalah salah satu dari sekian dampak negatif yang dimiliki oleh teknologi. Namun diantara semua itu, dampak positif dari teknologi-lah yang membuat dampak negatif tersebut tidak terlalu dipermasalahkan oleh pengguna.
      

4.2  SARAN

       Perkembangan teknologi bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan individu itu sendiri. Adapun, manusia sebagai makhluk sosial sudah seharusnya memerlukan interaksi langsung kepada individu lain tanpa perlu perantara teknologi canggih seperti sekarang ini. Perlu diingat, manusialah yang menciptakan teknologi, tidak seharusnya kita menggantungkan hidup pada sesuatu yang kita ciptakan sendiri. Maka dari itu seimbangkanlah kebutuhan akan teknologi dan sosial sehingga tercipta keselarasan yang mampu membantu kita dalam menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.


DAFTAR PUSTAKA

1.    Yandianto, Drs. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2S Bandung.

2.    Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni. Pengenalan Teknologi Informasi. 2003. Yogyakarta: Andi.


4.    Dunia Nyata VS Dunia Maya. (Diakses 19 April 2013)

No comments:

Post a Comment